Jumat, 13 Januari 2012

FORAMINIFERA

Kali ini saya bakal coba bicarain tentang hewan super kecil yang cuma bisa dilihat lewat mikroskop (sotoy kan ada yang bisa dilihat pake mata biasa ; o, iya ya). FORAMINIFERA, begitu bunyinya (hahaha lebay).Apa sih foraminifera? kok special? penting? (ya iyalah bego, kita bakalan buta kalo gak tau hewan satu ini soalnye minyak mungkin kaga ketemu) oke kita lanjut, foraminifera itu sebenarnye orgnisme bersel tunggal (protista) yang punya cangkang (atau bahasa kerennye 'test'). Test foraminifera ini umunya terdiri dari kamar-kamar yang tersusun sambung-menyambung selama masa pertumbuhannye. bahkan katenye ada yang berbentuk paling sederhana, yaitu berupa tabung yang terbuka atau berbentuk bola dengan satu lubang (buset serem amat, makannya gimane?). test foraminifera tersusun dari bahan organik, butiran pasir atau partikel-partikel lainnye yang lengket tersatukan oleh semen, ato kristal CaCO3 tergantung dari spesiesnye.

Nah, pengelompokkan foraminifera biasenye didasarkan atas 2 hal, yaitu kategori taksonomi dan non-taksonomi. kategori taksonomi tu berdasarkan ukuran dan kebiasaan hidup, yaitu foraminifera besar dan foraminifera kecil, spesifiknya menjadi jenis planktonik sama bentonik. foraminifera gede merupakan foraminifera yang dapat terlihat dengan mata telanjang (ha? what???) secara morfologi, tapi tuk bedaain antar spesies kudu diliet struktur dalemnye pake cara sayatan ato asahan tipis trus diliet dibawah mikroskop. kalo foraminifera kecil, langsung bae pake mikrokop ngamatinnye, wong udah kecil, kalo disayat habis dong.
kalo yang non-taksonomi itu didasarkan pada kriteria morfologi sama genetik organismenye.

Untuk gampangnye, biasenye pembagian menjadi foraminifera planktonik sama bentonik. foraminifera planktonik umumnye ukurannya pada cilik-cilik, tapi yang bentonik, ada yang cilik tapi ada juga yang gede. nah untuk gaya hidupnye (buset, gaya hidup) foraminifera planktonik biasenye ngambang tu di laut artinye die gak bertambat atau berada di dasar batuan di laut, kalo yang bentonik biasenye nambat tu. Nah, gaya nambatnye juga ada 2 macem. sesile ame vagile. kalo vagile die bise berpindah tempat pake pseudopodia, tapi kalo vagile kagak bise. dia tertambat terus kaya patung tu, kagak bisa gerak-garak (hahaha kasian amat ye). 

Nah, sekarang ane coba jelasin perbedaan antara yang planktonik sama yang bentonik, tapi secara umum dulu, baca ye,.
Foraminifera planktonik mempunyai bentuk dasar test yang globuler, subglobuler, bulat atau lensa. susunan kamarnya trocospiral dengan dinding test berupa hialin. jumlah kamar pada foram ini plythlamaus dengan apertur yaitu enteromarginal, equatorial, dan umbilical. Hiasan dinding testnya sedikit, jarang atau halus dan berpori. ni ane kasih gambarnye

Kalo yang bentonik, bentuk dasar testnye memanjang, pipih, sisi dorsal rata. Susunan kamarnye planispiral dengan dinding test berupan porselen, agglutinated. Jumlah kamarnye monothalamus dengan aperture terminal. hiasan dinding testnya beraneka ragam, kasar dan tidak berpori.

nah sekilas tentang foraminifera, untuk detailnye di posting yang berikutnya ya,.

7 komentar:

  1. tengkyu..berguna banget ini postingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, wah ane jadi terharu, hahahaha

      Hapus
  2. thanks ya.... aku dapat tambahan materi ajar di Mas bro Thyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama-sama gan, kalo masih berkenan lihat postingan yang lain juga gan.

      Hapus
  3. Itu bedanya vagile sama sesil apa, kok dua duanya vagile disitu

    BalasHapus