Sabtu, 14 Januari 2012

Orbulina Universa

Sekarang, ane mau bagai info tentang organisme cilik yang satu ini. Postingan ini masih nyambung ama yang kemaren tentang foraminifera. Nah, ane mau ngebahas salah satu spesiesnya dari golongan foraminifera planktonik. (ready? let's begin). Kita mulai dari silsilah keluarganya:
Nama phylum : Protozoa
Nama class : Sarconida
Nama Ordo (order) : Foraminiferidae
Nama Superfamily (keluarga besar donk, hahaha) : Globigerinacea
Nama Family : Globigerinidae
Nama Genus : Orbulina
Nama Spesies : Universa.
untuk organisme ini, tahapan awalnya mirip kayak globogerinoides tetapi pada chamber terakhir melingkupi seluruh tubuhnya. kyak gini-ni

nih tampak kiri, kanan, atas, bawah (lo kok gitu?; lah wong bentuknya bulet, dilihat dari mana aja ya pada bae.)
nih kalo isi perutnya dipecah, ada oroknya gan, eh bukan itu kamar-kamarnya.

Untuk penyebarannya, biasanya ada di daerah atlantik selatan (buset, jauh amat ya dari Indonesia?) spesiesnya terbatas pada daerah air hangat dan daerah upwelling (upwelling itu maksudnya daerah yang agak dingin, dari daerah air agak dalam sampai ke permukaan, terutama di daerah pantai barat dari lempeng benua (seperti di daerah California)itu kata glosarry lo) di Benguela.
untuk penyebaran di daerah atlantik selatan, ane ada petanya. coba lihat di sini gan, .
penjelasannya kayak gini, angka-angka tersebut menunjukkan kontur dan penyebaran relatif dari spesies ini, terutama didaerah atlantik selatan.

untuk gaya hidup, sama kayak jenis foraminifera planktonik yang laennya, ngambang (ngambang???, maksudnya melayang di dalam air laut).

Mudah-mudahan ngerti ya, soalnye ane juga rada belum ngerti. Maklum, sambil belajar juga, hahaha,.

0 komentar:

Posting Komentar