Senin, 16 Januari 2012

Penambangan Emas daerah Ajibarang

Sekarang ane mau coba sharing tentang tugas ane untuk ngamatin daerah Banyumas, tepatnya daerah Ajibarang tapi tentang penambang emasnye dulu, soalnye untuk geologi regional ane masih mau nyari refrensi yang bagus, terpercaya dan terdepan dalam mengabarkan (emangnye seputar indonesia?), . Oke, kita mulai. Daerah ajibarang merupakan daerah di kecamatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kecamatan ini terletak di bagian utara Kabupaten Banyumas sekitar 18 km dari kota purwokerto.  Katenye, penambangan emas daerah ntu dimulai ama orang Tasikmalaya yang coba nyari ntu emas di daerah ajibarang tadi, trus dapet, ya udah jadi ketagihan nyari ampe sekarang. Tapi, sekarang udah ada pengelola yang ngurusinnye, yaitu koperasi setempat. Katenye, penambangan emas tradisionil daerah ini paling aman gan, soalnye, lubang-lubangnye (ato bahasa kite shaft) ada penahannye, di kiri ame kanan lubang dipasang balok kayu untuk nahan tu lubang biar gak ambruk (tapi gak tau tu kalo ada HULK yang loncat-loncat diatasnye, lebih baik kita serahkan pada yang diatas ja'). Menurut para ahli tambang kasar (yang nyemplung ke lubang-lubang itu maksudnye) mereka ntu didalem ngejer-ngejer urat gan. Jadi kalo ketemu urat langsung dah dikejer  walaupun sampe ke negeri cina (emang ntu urat bisa nyebrang benua apa?). Pengolahan batuan tambang nya  pake alat yang namanya glundung. Jadi, ntar waktu batuan yang ditambang udah diangkat dari sumur, ntar dimasukkin ke alat ntu supaya dipisah antara batuan ame emasnya. O, ya ane punya foto-fotonye waktu di sana, kayak gini.

ni pintu masuk "into the core", tapi gak ada ucapan selamat datangnya

ni bapak menjalankan kata-kata orang bijak, jika mau bersyukur lihatlah kebawah, 

ni lobangnya, ada kayunya di kiri kanannye tau dah ngangkutin ama ngelemnye gimana, aman, bisa buat olahraga bagijamping, hahaha,.

ini salah satu spesies makhluk hidup yang berhasil keluar dari lubang tersebut. (becanda gan, ini temen ane).
ni lagi misahin "bijih" emas pake raksa, tu yang baju orange mau minta raksanya buat minum kayaknya.

ni alat bukan buat bikin pop ice gan, tapi ni alat yang buat misahin batu ama emasnye.

Sementara, ntu bae infonye, mudah-mudahan kalo ada kesempatan lagi, ane tambahin ye,.








3 komentar:

  1. salam kenal geng blogger!!! ooohhh bagus sekali blognya???? terus blak blakan aja, apa adanya, ini baru bener dech, nggak materialistik share ilmu nambang ea,,,, jadi pengen ikutan boleh nggak ya,,,,

    BalasHapus
  2. salam kenal juga. terima kasih komennya.
    silahkan baca thread ane yang lain gan. Ane tunggu komennya gan

    BalasHapus
  3. Permisi kalau boleh tau lokasi tambangnya terletak di desa apa ya, kebetulan saya mahasiswa pertambangan berdomisili di purwokerto. Hendak melihat2 tambang rakyat yg berada di sekitar purwokerto. Terima kasih

    BalasHapus