Selasa, 09 Juli 2013

Sekilas tentang ARC METHOD atau Metode Busur Lingkaran (Busk Method)

Sekarang ane mau berbagi tentang arc method atau yang sering disebut metode busur lingkaran. Metode ini dipublikasikan sama om H.G Busk pada atahun 1929, nah makanya juga sering disebut Busk Method gan. Metode ini biasa dipake buat menentukan bentuk lipatan, sumbu lipatan di sayatan geologi, tata cara nya gak jauh beda sama metode free hand (atau free kick, atau freedom (lho?)). Cuma selain penggaris, dibutuhkan jangka, karena menurut ane lebih mudah pake jangka dan sepertinya juga penyelesaiannya menggunakan jangka lebih efisien. Dasar dari metode ini sebenernya menganggap bahwa lipatan itu merupakan bentuk busur gan dari suatu lingkaran dengan pusatnya adalah perpotongan antara sumbu-sumbu kemiringan yang berdekatan.
Oke kita mulai gan. Pertama baca basmallah dulu, supaya dijauhkan dari kesulitan

1.    Kita punya 2 dip yang berlawanan arah (lihat gambar 1), baik nantinya yang menghasilkan antiklin ataupun     sinklin, oke buat percobaan kita mulai dari sinklin gan
2.   Kemudian kita buat lingkaran yang mana garis lingkarannya mengenai garis dip yang besentuhan dengan sayatan, seperti pada gambar 2 gan. Karena kita punya 2 dip, lakukan pada kedua-duanya gan.
3.      Tarik garis tegak lurus dari setiap dip kayak gambar 3 gan sampe 2 garis tadi berpotongan.
4.     Nah, garis perpotongan itu yang bakalan jadi sumbunya, dan sekarang hapus lingkaran yang ada diluar garis sayatan (di bagian atas permukaan) sehingga menyisakan bentuk lipatan di bawah permukaan kayak gambar 4 gan.

                                                                        arc method


So easy right? Sekarang kita udah punya lipatan yang enak dilihat dari metode arc method. (Tutorial selengkapnya ada di https://www.uwgb.edu/dutchs/STRUCTGE/SL161ArcMethod.HTM check this out gan). Selamat mencoba. 

0 komentar:

Posting Komentar