Senin, 14 November 2011

ANDISOL


Andisol merupakan tanah yang pembentukannya melalui proses-proses pelapukan yang menghasilkan mineral-mineral dengan struktur kristal yang cukup rapih.Ciri khusus dari Andisol adalah kehadiran dari gelas vulkanik. Komposisi material organic tinggi, kapasitas pertukaran ion dan bulk density yang rendah. Tanah Andisol adalah tanah yang berwarna hitam kelam, sangat porous,vmengandung bahan organik dan lempung tipe amorf, terutama alofan serta sedikit silika, alumina atau hodroxida-besi. Tanah yang terbentuk dari abu vulkanik ini umumnya ditemukan didaerah dataran tinggi (>400 m di atas permukaan laut) (Darmawijaya, 1990). Andisol merupakan salah satu jenis tanah didaerah tropika yang memiliki sifat khas yang tidak dimiliki oleh jenis tanah yang lain. Tanah ini dicirikan oleh bobot isi yang rendah dan memilki kompleks pertukaran yang didominasi oleh bahan amorf yang bermuatan variabel serta retensi fosfat yang tinggi.
Pembentukan Tanah Andisol
Proses pembentukan tanah yang utama pada Andisol adalah pelapukan dan transformasi (perubahan bentuk). Proses pemindahan bahan (translokasi) dan penimbunan bahan-bahan tersebut di dalam solum sangat sedikit. Akumulasi bahan organik dan terjadinya kompleks bahan organik dengan Al merupakan sifat khas pada beberapa Andisol (Hardjowigeno, 1993).
Sifat umum Andisol adalah sebagai berikut:
1.    Ciri Morfologi : horizon Al yang tebal berwarna kelam, coklat sampai hitam, sangat porous, sangat gembur, tidak plastis, tak lekat, struktur remah atau granuler, terasa berminyak (smeary) karena mengandung bahan organic antara 8 % sampai 30 % dengan pH 4,5-6; beralih tegas ke horizon B, berwarna kuning sampi coklat , tekstur sedang, struktur gumpal sampai granular, mengandung bahan organic antara 2%-8% dengan kapasitas pengikat air tinggi, terasa seperti sabun (soapy) jika diremas, atau beralih tegas langsung ke horizon C berbentuk batang gibsit dari oxide Al atau Fe dengan bahan amorf terdiri atas plasma porous isotropic.
2.    Sifat mineralogy: fraksi debu dan pasir halus berupa gelas volkanik, dengan mineral feromagnesium, dan fraksi liat sebagian terbesar alofan berkembang mengandung juga halloysit.
3.    Sifat fisika kimia; kejenuhan basa rendah, dengan kapasitas tukar kation dan kapasitas tukar kation tinggi, mengandung C dan N tinggi tetapi nisbah C/N rendah, kadar P rendah karena terfizasi kuat (Olsen, 1954), sukar mengalami peptisasi, berat jenis kurang dari 0,85g/cm3 dan pada kapasitas lapang kelembabab tanah lebih dari 15%.
Andisol seringkali dimanfaatkan orang untuk pengembangan pertanian tanaman pangan dan sayur-sayuran atau bunga-bungaan (seperti di daerah Lembang Kabupaten Bandung)
Permasalahan  yang paling menonjol pada tanah andisols adalah sifat kemampuan menyerap dan menyimpan air yang tak pulih kembali seperti semula bila mengalamin kekeringan. Hal ini disebabkan koloid amorf seperti abu vulkan dan bahan organic yang mempunyai daya jerap air tinggi jika mengalami kekeringan sampai 15 atmosfir / lebih film air yang terikat pada permukaan partikel akan menguap dan akan terjadi kontak ikatan kimia antar partikel, sehingga tanah mengkerut dan bersifat irreversible, akibatnya jika sudah mengalami kekeringan sulit untuk dibasahi kembali. Sehingga apabila mengalami kekeringan rawan terhadap erosi air hujan.
Pengelolaan tanah andisols dilakukan dengan pengapuran dengan dosis yang cukup. Pada tanah andisols yang berada di daerah lereng banyak dimanfaatkan untuk menanam tanaman tahunan yang memiliki perakaran kuat untuk mengikat air. Unsur P di dalam tanah andisols sebenarnya tersedia dalam jumlah yang banyak, tetapi unsur P tersebut terfiksasi oleh alofan sehingga unsur P tidak dapat diserap oleh akar tanaman. Untuk mengatasi masalah fiksasi P oleh alofan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian bahan organik segar yang berfungsi untuk menyediakan unsur hara yang terdefisiensi tersebut bagi mikroorganisme, sehingga bahan-bahan organik akan terdekomposisi menjadi asam-asam organik seperti asam humat yang akan berikatan dengan Al bebas pada alofan menggantikan ion P yang terikat sehingga ion P akan terlepas dan tersedia untuk diserap oleh akar tanaman bebas pada alofan menggantikan ion P yang terikat sehingga ion P akan terlepas dan tersedia untuk diserap oleh akar tanaman. Tanah Andisols tersusun dari partikel lepas sehingga tidak perlu diolah secara berlebihan. Alternatif lain adalah penambahan mikrobia tanah yaitu mikoriza sehingga ketersediaan P meningkat.Tanah Andisols tersusun dari partikel lepas sehingga tidak perlu diolah secara berlebihan. Alternatif lain adalah penambahan mikrobia tanah yaitu mikoriza sehingga ketersediaan P meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar