Selasa, 24 September 2013

Review granit suite di Sumatra dan Kalimantan


Oke, kali ini ane mau coba share tentang kenapa ada granit di daerah sumatra, bangka dan belitung, dan sebagian pada daerah kalimantan barat. Terbentuknya granit-granit tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh evolusi magma yang terjadi. Nah, teori-teori yang berkembang selama ini kan, mother of magma (istilah ane doang gan, hahaha) atau magma asal itu berkomposisi basa. Kenapa? Karena yang mengalami partial melting atau peleburan pada awalnya adalah kerak samudra yang notabene berkomposisi basa. Nah, kenapa bisa jadi granit yang memiliki komposisi asam?. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah evolusi magma tadi, yaitu magma mixing atau mingling atau bahkan asimilasi magma.  (Penjelasan tentang evolusi magma bisa dilihat disini). 

Nah, kenapa cuma ada di sumatra, dan sebagian di kalimantan barat. Review dari buku Geotectonic of Indonesia karya om J.Katili, subduksi yang terjadi di sumatra berbeda dengan yang terjadi di pulau jawa. Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh magma untuk bisa naik ke atau dekat kepermukaan, semakin banyak material-material dari batuan samping yang ikut terleburkan, sehingga mengubah komposisi magma  asalnya. Review dari buku Sumatra Geology, Resources, and Tectonic Evolution, Granit pada daereha sumatra berasal dari 2 proses, yaitu pada karbon-perm terjadi konvergen dan collision yang diikuti subduksi di batas jalur kontinental pada trias-awal yura (hutchison, 1994; McCourt et al.1996).

Granit yang ada di pulau sumatra, bangka dan belitung, serta kalimantan juga merupakan granit yang terbentuk pada periode yang berbeda. Granit yang terbentuk pada sumatra merupakan granit pada jaman cretaceous (kapur) sedangkan pada pulau bangka dan belitung terbentuk pada Trias. Jadi zona subduksi yang terbentuk mengalami pemunduran kearah barat sumatra. Dari peta struktur yang dipublish oleh J.A.Katili. terdapat 2 subduksi yang ada pada trias-yura, yaitu di kalimantan dan sumatra. Granit yang ada dikalimantan dan kepulauan bangka belitung merupakan hasil dari subduksi yang terjadi dikalimantan, sedangkan granit yang ada di sumatra merupakan hasil dari subduksi yang terjadi disumatra. Kepulauan bangka belitung termasuk dalam main range province of granit, kalimantan termasuk dalam eastern province dan sumatra dalam western province (sumatra, geology, resource and tectonic evolution,2005)

Sekian dulu reviewnya, memang masih banyak yang belum ane baca, jadi postingannya baru sebatas introduce tentang granit-granit tersebut. Nanti ane coba update lagi, kalo udah dapet refrensi beru. Ditunggu komen dari agan/wati yang baik hati.

0 komentar:

Posting Komentar