Selasa, 09 Juli 2013

Tipe Granit (SIAM)

Tau granit gan? Pasti tau lah, geologist kudu ngerti sama batu yang satu ini. Plutonik, kandungan asam, berwarna putih dengan dominan mineral kuarsa dan k-felspar, namun dalam pembagian secara mineralogy terdapat beberapa granit, namun kita gak bahas yang itu, ane coba bahas dari sisi kimianya gan. Ternyata granit itu punya 4 jenis tipe bedasarkan kimianya gan, dan orang yang ahli dalam granit dinamakan granitologist (ane juga baru denger gan, ternyata ada istilahnya, basalt ada gak ya? Basaltologis, andesitologist, hahahaha). Oke kita mulai gan.

Yang pertama ada S-type granit,  granit ini terbentuk pada daerah metamorphisme terrane dan dihasilkan oleh proses partial melting dari metasedimen, (S untuk sedimen yang berarti berasal dari metasedimen). Granit tipe ini memiliki kandungan Al yang tinggi gan,tapi tidak mengandung mineral hornblende, sedangkan mineral biotite, muskovit dan garnet menjadi penciri granit tipe ini. Kandungan Rb yang tinggi pada source rock  dengan Sr rasio >0,710.


Yang kedua ada I-type, yang merupakan granit yang terbentuk pada zona continental margin yang merupakan hasil peleburan (melting) dari batuan beku pada kerak bagian dalam. (I untuk igneous yang berarti berasal dari batuan beku).  Kandungan Cad an Na yang tinggi serta kehadiran mineral hornblende dan sphene. Source rock nya mengandunga Rb yang rendah dengan Sr rasio <0.708.


Yang ketiga ada A-type gan yang merupakan granit yang katanya berasal dari anorogenik proses (A utnuk anorogenik, atau ada yang bilang anhydrous) dengan komposisi SiO2 mencapai 77%.  kandungan alkalinya tinggi gan, Fe/Mg dan berada pada lingkungan craton


Yang terakhir ada M-type yang merupakan granit yang dihasilkan dari fraksinasi peleburan mantel (M untuk Mantle yang berarti berasal dari mantel bumi) (fractionated mantle melts) yang dimungkinkan telah mengalami asimilasi dan mixing dengan kerak. Memiliki kandungan Rb, Th, dan U yang rendah dengan Sr rasio <0.705.



nah, segono dulu gan,sekilas tentang granit, terkadang tipe ini disingkat jadi SIAM. semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar