Rabu, 03 Juli 2013

Sekilas Tentang Fasies

Halo gan, udah lama gak nulis ane coba buka dari yang sederhana tentang pengertian fasies, cara kerja, temennya, pacaranya, semuanya kita kupas setajam linggis. Sebelumnya kita kudu ngerti dulu gan facies itu apaan, oke  ane coba terangin dari sesuatu yang redup. Menurut glossary of geology yang dibuat oleh Robert L.Bates dan Julia A.Jackson serta diketik oleh TS (hahaha) fasies (facies) itu secara umum merupakan aspek, kenampakan atau karakteristik dari batuan biasanya mencerminkan kondisi asal pembentukannya (its origin) terutama untuk membedakan dengan unit batuan lainnya. Intinya kalo sudah berbicara tentang facies berarati kita bicara soal somethings that make its different from the others ( artinya: intine beda karo liane, nah lo artinya lagi? Takon wong jowo) apakah itu karakteristiknya, kenampakannya yang pada akhirnya kita bisa bicara tentang kondisi asal dari batuan tersebut.
Nah merucut ke arah batuan sedimen, ada yang namanya sedimentary facies atau fasies sedimen (ya elak tinggal dibalik doang), yang menurut glossary juga berbunyi  mappable, atau pembatasan daerah dari tubuh litostratigrafi yang berbeda dari kandungan litologi atau fosil dari lapisan lainnya yang diendapkan pada waktu yang sama dan dalam kondisi kontinuiti (lithologic continuity). Secara garis besar sama, dengan artian, ada penciri dari suatu tubuh batuan yang pada akhirnya akan mencerminkan kondisi pembentukan awalnya pada ruang dan waktu tertentu (prinsip geologi, bahwa kita bermain di ruang dan waktu tadi).
Ada lagi  mas Mutti dan Ricci Luchi (1972), mengatakan bahwa fasies adalah suatu lapisan atau kumpulan lapisan yang memperlihatkan karakteristik litologi, geometri dan sedimentologi tertentu yang berbeda dengan batuan di sekitarnya. Suatu mekanisme yang bekerja serentak pada saat yang sama. Asosiasi fasies didefinisikan sebagai suatu kombinasi dua atau lebih fasies yang membentuk suatu tubuh batuan dalam berbagai skala dan kombinasi. Asosiasi fasies ini mencerminkan lingkungan pengendapan atau proses dimana fasies-fasies itu terbentuk.

Nah sekarang merucut lagi (emang diserut?) ke arah fasies batugamping, prinsipnya sama dan udah dibahas di buku karangan Raymond yang berjudul Petrology, di halaman 416 dia menunjukan lingkungan dan jenis batuan serta struktur dan asosiasi fasies yang terbentuk pada waktu dan ruang tertentu. Silahkan cek TKP soalnya belum ada scan dan ane belum nemu di google, hahahha. Nah sekilas tentang fasies dari berbagai definisi yang ada, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar