Rabu, 21 Desember 2011

MACERAL pada BATUBARA


Batubara bukanlah merupakan material yang mengandung komposisi yang sama tetapi terdiri dari berbagai macam penyusun. Seperti halnya pada batuan yang terdiri dari mineral-mineral yang beragam seperti granit yang terdiri dari feldspar, kuarsa dan mika, batubara juga terdiri dari maceral-maceral. Tetapi terdapat perbedan dimana mineral dicirkan oleh komposisi kima serta kebanyakan mineral berbentuk kristal, maceral pada batubara memiliki sifat kimia yang beragam dan secara fisik tidak berbentuk kristalin.
            Keberagaman struktur dari batubara dapat terlihat jelas dengan mata telanjang ketika sedang mendeskripsi suatu contoh batubara., tetapi untuk ketelitiannya dapat menggunakan mikroskop. Unsur utama dari kelas bituminous kelas terendah berwarna cerah, adalah dengan kandungan exinite atau liptinitic (protobitumen, yang sebagian besar terdiri dari spora) dan kandungan fusinitic. Melalui proses macerasisasi kandungan tersebut dapat dipisahkan. Istilah macerasiasai dan maceral diambil dari bahasa latin yaitu “macerare” yang berarti “untuk menghaluskan” dan STOPES (1935) adalah orang pertama yang menggunakan istilah ‘maceral’ untuk menjelaskan kandungan batubara yang telah dipisahkan melalui proses macerasiasi.
            Sekarang, istilah maceral menjelaskan kandungan batubara baik dari bentuk kandungan maupun sifat batubara melaui pengamatan mikroskop. Dalam pengamatan maceral yang berbeda-beda dibawah mikroskop dibutuhkan parameter yang dapat menentukan sifat-sifat maceral tersebut seperti faktor refleksi, warna, bentuk, relief atau kekerasan. Untuk mengatasi keberagaman arti (ambigu) dari pengertian maceral, ICCP telah menetapkan peraturan standart untuk kegiatan petrografi dibawah mikroskop disertai dengan penjelasan tentang maceral-maceral tersebut yang akan  cocok dengan kenampakan mereka di bawah cahaya menggunakan oil immersion objective dengan perbesaran 25 higga 50 kali. Sebagai tambahan, ahli paleobotani telah berhasil menentukan hubungan antara bentuk dan struktur dari maceral melalui banyak pengamatan secara mikroskop dan memastikan jenis tanaman atau jaringannya.

0 komentar:

Posting Komentar