Rabu, 21 Desember 2011

Kelompok Maceral

Kelompok Vitrinite
Vitrinite merupakan kelompok maceral yang melimpah sehingga merupakan maceral yang penting dalam batubara bituminous. Seperti pada tabel diatas, 3 kelompok maceral yang berbeda dibedakan dalam kelompok vitrinite yaitu telinite, collinite dan virtodetrinite. Vitrinite dapat juga dibagi bedasarkan sifat refleksi. Vitrinite yang terbentuk pada lapisan  lebih tebal, dengan sifat refleksi normal pada kelas batubara dinamakan vitrinite A. Pada tatanama yang baru istilah ‘telocollinite’ telah diganti dengan ‘vitrinite A’. Vitrinite yang terbentuk pada lapisan batubara (seam) yang sama pada layer clarite, duroclarite dan clarodurite yang dicirikan melalui sifat reflkesi yang agak lemah dan kandungan hydrogen yang agak tinggi dibandingkan vitrinite normal dinamakan ‘vitrinite B’. Jenis ini cocok untuk democollinite. Jenis ketiga dari kelompok vitrinite dinamakan ‘vitrinite C’. sifat refleksi jenis ini lebih tinggi dan kandungan hydrogen lebih rendah dibandingkan vitrinite A. Ketiga kadar atau tingkat sifat refleksi dari vitrinite dapat dibedakan pada batubara bituminous kelas rendah menggunakan oil immersion atau menggunakan metode yang lebih baik yaitu methylene iodide immersion. Perbedaan sifat refleksi vitrinite (Brown, Cook dan Taylor 1964 a) berhubungan dengan asal material tumbuhan yang berbeda dan perbedaan tingkat pengawetan tumbuhan tersebut (Stach, 1970).
Kelompok Exinite
            Kelompok exinite terdiri dari maceral sporinite, cutinite, suberinite, resinite, alginate da liptodetrinite. Maceral tersebut terdiri dari  sporinte, cutine, suberine, tesins, waxes, lemak dan minyak tumbuhan alami. Maceral dari kelompok exinite termasuk dalam istilah ‘protobitumina’ yang mana secara konsep petrografi berlawanan dengan istilah kimia dari ‘bitumen’. Pada batubara kelas rendah, exinite dibedakan dari vitrinite dengan kandungan hydrogen yang tinggi. proses karbonasisasi, exinite ini menghasilakn tar dan gas dalam jumlah yang tinggi.
Kelompok Inertinite
            Kelompok maceral yang terdiri dari micrinite, macrinite, sclertinite, fusinite, semifusinite, dan inertodetrinite. Inertinite dicirikan oleh kandungan karbon yang relative tinggi dan sifak refleksi yang lebih tinggi dibandingkan vitrinite. Perkembangan jenis ini secara relative lama selama proses karbonisasi.

0 komentar:

Posting Komentar