Kamis, 27 Maret 2014

Kuarsa, Cristobalite, dan Tridmite

Kali ini ane mau coba bahas tentang kuarsa yang ternyata kuarsa punya sodara dengan watak (komposisi) yang sama yaitu SiO2. Ane coba bahas bertahap ye, biar gak bingungin.Tapi mineral-mineral tersebut terbentuk pada kondisi yang berbeda jadi kalo kita bisa temuin dan identifikasi mineral tersebut, kita bisa tau gimana kondisi awal pembentukan dari mineral pada khususnya dan batuan pada umumnya. Refrensi terbesar untuk kasus kali ini ane ambil dari bukunya om A. Betekhtin yaitu “A Course of Mineralogy” yang diterbitin sama Moscow PEACE PUBLISHERS dan sedikit dari bukunya om Bonewitz yang judulnya “ Rocks and Minerals”.

Sebelumnya kita bahas dulu, apa sih kuarsa itu? Kok ada sodara dengan komposisi yang sama tapi berbeda nama. Sebenernya kuarsa itu sendiri punya beberapa jenis, kayak smoky quartz, rose quartz, milky quartz, amethyst. Perbedaan dari jenis-jenis kuarsa tersebut ada pada pengotornya kayak adanya kehadiran gas yang terperangkap di dalam kristal sehingga menghasilkan milky quartz atau kehadiran mineral titanium sehingga menghasilkan rose quartz atau amethys yang disebabkan oleh pengotor besi. Tapi apapun pengotornya (minumnya baygon. Lho?) penamaan yang diberikan masih mengacu pada kuarsa dengan temperatur pembentukan dan tekanan yang relatif sama. Baik secara sistem kristal, kekerasan, belahan, pecahan maupun masa jenis. Tapi tahukah agan-agan bahwa mineral kuarsa itu sendiri tidak serta merta terbentuk dan kemudian menjadi kuarsa. Mungkin mineral lain juga mengalami, tapi disini ane mau coba bahas tentang mineral kuarsa aja karena memang mineral ini sangat umum dijumpai di hampir semua tipe batuan.
Ada tiga jenis modifikasi dari mineral SiO2 pada umumnya yaitu kuarsa, tridmymite dan cristobalite, dimana mineral-mineral tersebut terbentuk pada temperatur yang berbeda. Urut-urutan pembentukan mineral SiO2 tersebut kayak gini

α-Kuarsa(<-573o->)β-Kuarsa(<-870o->)β-tridmite(<-1470o->)β-cristobalite(<-1713o->)melebur
dan pada temperatur rendah terjadi reaksi pembentukan kayak gini
α-tridmite(<-130o->)β-tridmite dan α-cristobalite(<-180o-270o->)β-cristobalite


oke, sampe segitu dulu pembahasan tentang kuarsa. Next time ane coba posting lagi.

0 komentar:

Posting Komentar