Rabu, 21 Maret 2012

SPARRY, MICRITIC dan BIO dalam LIMESTONE

Ane coba berbagi tentang beberapa pengertian tentang batuan karbonat, sebenernya ini tugas kuliah ane. Dasar pengertiannye dari buku. Ane gak mau nyebutin nama bukunye, tapi bukunye punya inisial GLOSARRY OF GEOLOGY. Yah, begitulah dia dipanggil. Dia buku yang baik, sering nolongin ane, ane lama-lama jadi demen ama dia. Mungkin suatu hari ane bakalan jadiin dia pacar ane (Lho???). Kembali ke benang merah, ane mulai.
1.    SPARRY ALLOCHEMICAL LIMESTONE merupakan batugamping yang mengandung unsur allochems lebih dari 50% dengan kandungan sparite lebih dari mikrit. Batuan jenis ini menunjukkan lingkungan pengendapan dengan energi pengendapan yang kuat dengan sortasi yang baik.
2.  MICRITIC ALLOCHEMICAL LIMESTONE merupakan batugamping yang mengandung unsur allochem lebih dari 50% dengan kandungan  mikrit lebih banyak dibandingkan dengan  sparite. Batuan jenis ini menunjukkan lingkungan pengendapan dengan energi pengendapan yang lemah, dengan sortasi yang lebih buruk dibandingkan dengan sparry allochemical rocks.
3.  INTRASPARITE merupakan batugamping yang mengandung sedikitnya 25% unsur interclast dengan kadungan  sparite lebih banyak dibandingkan dengan carbonat-mud matrix (mikrite)(Folk, 1959, p.14). umumnya batuan ini terendapkan pada lingkungan dengan energi pengendapan yang tinggi dimana sparrit biasanya bertindak sebagai pengisi pori (pore-filling cement).
4. INTRAMICRITE merupakan batugamping yang mengandung sedikitnya 25% unsur interclast dengan kandungan  mikrit (carbonat-mud matrix) lebih banyak dibandingkan dengan  sparite (Folk, 1959, p.14)
5. BIOSPARITE = batugamping yang mengandung kurang dari 25% unsur interclast dan kurang dari 25% ooliths, dengan perbandingan volume antara fossils dan fragmen fossil dengan pellets lebih dari 3 berbanding 1 dan kandungan  sparit lebih banyak dibandingkan dengan kandungan  mikrit (Folk, 1959, p.14). pada umumnya menunjukkan lingkungan pengendapan karbonat dengan energi pembentukan yang tinggi dengan sparit yang menjadi  pengisi pori. Berdasarkan klasifikasi Folk, pembagian lebih lanjut dari biosparite adalah unsorted biosparite, sorted biosparite, dan rounded biosparite. (bukan biooloogiii)
6. BIOMICRITE = batugamping yang mengandung kurang dari 25% unsur interclast dan kurang dari 25% unsur ooliths, dengan perbandingan volume dari fossil dan fragment fossil dengan pellets lebih dari 3 berbanding 1 dan kandungan mikrit lebih banyak dibandingkan dengan sparit. Pada umumnya menunjukkan lingkungan pengendapan dengan energi pengendapan yang lemah. Unsur organisme yang utama biasanya dispesifikasikan dengan menggunakan istilah seperti “criboid biomicite” atau brachiopod biomicrite”.
untuk kenampakannya kira-kira seperti inilah dia 
Ane minta maaf, untuk kenampakan spesifiknya ane belum cari. Tapi kalo masih ada kesempatan, ane coba update.

0 komentar:

Posting Komentar